AllBestEssays.com - All Best Essays, Term Papers and Book Report
Search

God Help (malay)

Essay by   •  August 4, 2011  •  Essay  •  361 Words (2 Pages)  •  1,899 Views

Essay Preview: God Help (malay)

Report this essay
Page 1 of 2

to be continue

Bersandar pada Allah (belajar tokoh Yosua)

Bilangan 14: 1-38

Kitab ini ditulis oleh Musa dimana pada saat itu Allah telah berfirman pada Musa agar dia memimpin umatnya menuju tanah perjanjian. kitab ini merupakan salah satu kitab taurat dari empat kitab lainnya. Bentuknya narasi, dimana dalam kitab ini menceritakan bagaimana perjalanan bangsa Israel dari Mesir untuk menuju tanah perjanjian yang telah Tuhan berikan.

Kembali kepada tema yang belajar dari tokoh Yosua, bahwa kita sesungguhnya bisa melihat keteguhan iman Yosua dalam pasal 13 dalam kitab bilangan tersebut. Yosua dan kaleb adalah dua orang yang diutus oleh Musa (melalui permintaan Tuhan) untuk mengintai tanah kanaan dengan beberapa orang lainnya (10 orang lainnya). Namun beberapa orang lainnya mengatakan bahwa negeri yang diintai tersebut memliki pertahanan yang kuat. Sedangkan kaleb( dan juga Yosua) mengatakan hal lain.

Ayat 1-4 ----menggambarkan pada kita bagaimana umat Israel yang telah Tuhan sertai mengatakan kata-kata sungut mereka. dimana mereka lebih berkehendak untuk kembali ke tanah Mesir dibandingkan terus melanjutkan perjalanan ke tanah kanaan.

Apa sebabnya? Terkait dengan pasal sebelumnya, ada rasa ketakutan dan ketidakpercayaan kepada Tuhan atas apa yang disampaikan oleh 10 orang pengintai lainnya. Bahwa tanah yang mereka janjikan tidak akan mereka tampati. (ada satu hal yang perlu kita cermati dari hal ini (bahwa untuk muzijat yang tiap hari mereka lihat tiap hari saja mereka tidak percaya sepenuh hati kepada Tuhan, apalagi kita yang hidup dalam dunia sekarang)

Ayat 5-9-----ada usaha dari Yosua dan Kaleb untuk memberikan keyakinan kepada umat Israel untuk tetap percaya pada Tuhan. Mereka memberikan argument-argumen (berdsarkan keyakinan kepada Tuhan: bahwa musuh akan dikalahkan.

Pada ayat 10 ada penolakan lagi dari para umat Israel bahwa mereka justru ingin melempari kedua orang tersebut. hingga pada akhrnya Tuhan menyatakan dirinya kepada mereka semua.

Ayat 11-19----Musa memberikan 'pembelaan" kepada bangsa Israel agar Tuhan meberikan pengampunan kepada mereka. dan pada akhirnya (ayat 20, Tuhan memberikanpengampunan kepada bangsa Israel, namun ada diantara mereka yang tidak akan sampai ke tanah kanaan (pengampunan) karena selalu berusngut dan mencobai Tuhan.

Ayat 36----mereka (para pengintai)yang menyebabkan orang-orang bersungut-sungut dikenkana tulah oleh Tuhan. Ada dua hal yang perlu ditekankan disini.

hukuman ternyata tidak hanya berlaku kepada orang yang bersungut-sungut saja tetapi juga orang yang menyebabkan kelemahan iman orang lain dapat kena hukuman.

...

...

Download as:   txt (2.5 Kb)   pdf (56 Kb)   docx (9.5 Kb)  
Continue for 1 more page »
Only available on AllBestEssays.com